18 December 2008

HubPages Review

Salah satu cara untuk bisa menghasilkan uang online tanpa modal adalah dengan bergabung ke situs-situs yang menyediakan sharing revenue (bagi-bagi hasil) contohnya adalah Hub Pages.

Simple nya sih Hub Pages itu tempat kita nge blog, nulis apa aja yang kita suka, dimana di dalam postingan kita, kita bisa dengan mudah pasang link2 affiliate dari adsense, ebay dan amazon. (catatan: untuk jadi affiliate ebay, harus gabung jadi affiliate di cj.com ).

Tentunya kita juga bisa bebas pasang link-link dari affiliate yang lain, karena ada bagian dimana kita bisa menulis artikel dan nge link ke mana aja yang kita mau. Tapi khusus untuk 3 affiliate di atas, ebay, adsense dan amazon, kita hanya kebagian sebagian dari revenuenya impressionnya.

Hub Pages akan membagi jumlah impression dari para pengunjung hub kita. Maksudnya gini, misalnya pengunjung A mampir ke hub ku, maka yang tampil adalah iklan2 dari affiliate milik ‘perusahaan’ Hub Pages, lalu pengunjung B datang ke hub ku, maka yang akan tampil adalah iklan2 dari link affiliate ku sebagai pemlik hub.

Sebagai pemilik hub, kita akan mendapatkan 60% dari total impression. Artinya 60% dari total berapa kali hub kita di lihat orang, akan menampilkan link2 affiliate kita. Misalnya, hari ini hub kita di kunjungi sebanyak 1000 kali, maka dari 1000 impresi itu, hanya 600 kali hub kita menampilkan link affiliate kita.

Terus kenapa ikutan Hub Pages mengungtungkan? Apa ga lebih baik bikin blog sendiri jadi bisa keep 100% revenue? Soalnya, google tuh cinta banget sama Hub Pages. Jadi akan lebih gampang untuk tampil di halaman pertama pencarian google kalau kita taruh tulisan kita di hub pages.

Google memang menyukai hubpages, tapi pastinya banyak trik2 lain yang harus tetap dilakukan supaya hub pages kita masuk di halaman pertama google, seperti penggunaan keyword dalam artikel dan mencari link back supaya cepat terindex sama google.

Selain bisa menghasilkan uang dari hub yang kita buat, kita juga bisa menghasilkan revenue dari sharing impression orang yang kita refer in atau traffic yang kita refer in.

Jadi ada 2 macam referal program nih, pertama, misalkan anda sekarang join Hub Pages lewat link ku, maka aku akan mendapatkan 10% dari total impression hub anda, seumur hidup.

Yang kedua disebut traffic referal, gini, misalkan, aku nge link ke salah satu postingan hub pages dan menyelipkan kode referal ku, maka sebagian dari impression yang terjadi dari link ku itu akan menampilkan iklan2 dari affiliate id ku. Besarnya sharing impression dari cara ini 9% atau 12% dan hanya berlaku selama 120 menit sejak orang klik link ku. Rada ribet bikin kata-kata untuk jelasin soal 9% dan 12% ini, jadi ga usah aja ya hehe… Bisa di baca kok di FAQ nya.

Cara pengoperasiannya cukup mudah, seperti widget gitu, istilah mereka tuh capsule. Jadi kita bisa tambah, apus, edit capsule2 untuk hub kita. Capsule2 yang tersedia pun cukup lengkap, ada teks, links, video, news, rss, comment, photo, dan tentunya capsule untuk ebay, dan amazon. (kalau untuk layout adsense nya udah ditentuin sama mereka jadi ga bisa di utak atik) Untuk yang belum punya website pun, akan bisa daftar google adsense melalui Hub Pages ini.

Jadi pilih mana? Bikin situs baru dan mati2 an usaha biar tampil di halaman pertama google? Atau join Hub Pages dan nulis artikel di situ?

psst.. udah beberapa orang bikin ebook tips trick menghasilkan uang lewat hubpages, ada yang mau bikin versi Indonesia nya?

psst2.. kalau udah join, lihat2 hub ku yaa

psst3.. kadang kok yang tampil iklan2 dari yahoo ya? ga semua dari google.. hmmm…


1 comment:

  1. Makasih infonya Sob, jadi nambah lagi nih lahan dollarnya. Bisnis Online

    ReplyDelete