24 December 2008

Jumlah Notebook Berhasil Lampaui Desktop PC

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, pengapalan komputer notebook telah melampaui jumlah total unit desktop PC, pada kurun kuartal ketiga tahun ini.

Dilansir melalui Associated Press, Rabu (24/12/2008), berdasarkan riset dari firma iSupply jumlah notebook PC yang dikapalkan para kuartal ketiga tahun ini meningkat menjadi 40 persen dari periode yang sama tahun lalu, menjadi sekira 38,6 juta unit. Sedangkan jumlah unit PC desktop harus rela turun sekira 1,3 persen menjadi 38,5 juta saja.

Jumlah ini menandai semakin luasnya penetrasi mobile internet dan penggunaan email serta web surfing. Hal ini juga mengakibatkan berubahnya perilaku jual beli masyarakat, yang tadinya berinternet menggunakan desktop PC, kini menggunakan ponsel, netbook atau perangkat portabel lainnya.

"Tren tersebut tidak akan berhenti dan akan terus berlanjut ke depannya," ujar analis AmTech Research Dinesh Moorjani.

Moorjani berharap produsen computer mau menurunkan jumlah produksi desktopnya sekira 20 persen pada kuartal keempat tahun ini. Sedangkan jumlah produksi notebook sebisa mungkin disamakan dengan kuartal tahun ini.

Firma riset IDC pun memprediksi, penjualan laptop tidak akan berpengaruh meskipun dunia dilanda resesi. IDC memastikan pengapalan komputer portabel akan meningkat 15,2 persen pada tahun 2009. Sementara itu, jumlah unit desktop dan� server yang menggunakan PC microprosesor akan menurun sekira 6,7 persen. (srn)


No comments:

Post a Comment