05 December 2008

Robot 'Belalang' Bantu Misi Luar Angkasa


Inovasi terhadap teknologi robot memang tak pernah berhenti. Seperti yang dilakukan oleh seorang mahasiswa� University of Bath, Inggris, Rhodri Armour yang menciptakan sebuah robot yang mampu melompat layaknya belalang dan berputar-putar seperti sebuah bola.
Robot yang dinamakan 'jollbot' itu diharapkan dapat membantu mengeksplorasi misi luar angkasa. Kemampuannya melompat, berputar, dan bergulung akan mampu mengatasi rintangan di medan dengan permukaan yang tak rata.

Seperti dilansir Sciencedaily, Jumat (5/12/2008) pengembangan Jollbot pada awalnya, masih terbentur pada pembuatan desain kaki robot yang sangat kompleks.
Armour menggunakan roda pada setiap kaki Jollbot, tapi penggunaan roda membuat gerakan Jollbot menjadi terbatas. Untuk mengatasi hal itu, Armour akhirnya mendesain kaki seperti belalang. Menurut Armour, desain kaki robot yang mampu melompat seperti belalang memerlukan biaya yang sangat mahal, dengan sistem yang rumit.
"Di masa lalu memang sudah ada robot yang mampu melompat atau robot yang mampu berputar, tapi ini adalah robot yang mampu melakukan keduanya," ujar Armour.
Jollbot di desain seperti sangkar burung berongga besar berbentuk menyerupai bola yang memungkinkannya menggelinding. Robot itu juga sangat fleksibel dan kecil, dengan berat kurang dari satu kilogram. (srn)


No comments:

Post a Comment