15 December 2008

Pertuni Beri Akses Teknologi Informasi Bagi Tunanetra

Kebebasan mengakses teknologi informasi merupakan hak bagi setiap manusia yang bersifat universal, tak terkecuali bagi para penyandang tunanetra. Untuk memberikan akses bagi para tunanetra itulah Persatuan Tunanetra Indonesia, (Pertuni) DKI Jakarta meluncurkan sebuah program yang bertujuan memberikan akses teknologi informasi bagi para anggotanya.

"Program ini adalah suatu program dengan berbasis teknologi informasi yang dirancang dan dilaksanakan oleh Dewan Pengurus Daerah Pertuni Propinsi DKI Jakarta," kata kepala Bidang pendidikan Pertuni DPD DKI Jakarta Ade Ismail kepada okezone, Senin (15/12/2008).

Program bertajuk Pertuni Akses Teknologi Informasi (Pati) tersebut terdiri atas dua kegiatan utama, yaitu peluncuran website pertuni dan pelatihan Komputer Bicara Bagi Tunanetra.

"Melalui situs ini, kami ingin lebih menyosialisasikan Pertuni kepada masyarakat luas. Situs itu juga dapat dijadikan ajang para anggota untuk mengembangkan kemampuannya di bidang teknologi informasi." ujar Ade.

Ade menambahkan sasaran dan tujuan dari website yang beralamat di www.pertuni-jakarta.or.id� tak hanya pada anggota tunanetra saja, namun juga masyarakat umum.

Sedangkan untuk program pelatihan, untuk sementara Pertuni DKI Jakarta memberikan pelatihan komputer bicara 15 tunanetra yang merupakan perwakilan dari lima dewan pengurus cabang (DPC) Pertuni di wilayah DKI Jakarta.

Pada pelatihan komputer bicara yang akan berlangsung mulai 16-19 Desember 2008 itu peserta akan dibimbing oleh enam instruktur tunanetra yang telah mahir dalam mengoperasikan komputer bicara dan menggunakan screen reader.

"Kami mengharapkan pelatihan ini dapat melahirkan tunanetra yang berkemampuan mengakses teknologi informasi," ujar Ade.

Rangkaian penyelenggaraan program Pati akan diawali dengan peresmian dan peluncuran website Pertuni hari ini, Senin (15/12/2008), di Gedung Jakarta Media Center Jalan Kebon Sirih Nomor 32-34, Jakarta Pusat. (srn)


No comments:

Post a Comment